Menjadi ber-NILAI, bagi banyak orang...

Beberapa waktu lalu aku mengikuti sebuah trainning kepemimpinan di salah satu gedung perkantoran di Orchard Road, Singapore. Aku agak terlambat datangnya karena aku harus menghadiri "meeting project" dulu di kantorku. Setelah aku masuk, tapi acara sudah di mulai sejak tadi.

Sekarang ini si pembicara sedang mengangkat uang kertas SGD S$ 50,- Diantara sekitar 300 orang yang hadir, ia bertanya [tentunya dalam bahasa Inggris], begini kira-kira dalam Bahasa indonesia-nya;

SGD S$ 50 = IDR Rp 353.200,-
"Siapa yang mau uang ini, SGD S$ 50,-?" sambil mengangkat lembaran SGD S$ 50,- itu keatas.

Semua audience yang hadir mengangkat tangannya, tanpa terkecuali, aku juga donk.. SGD S$ 50,- sama dengan IDR Rp 353.200,- (banyak yaa..!), gimana aku juga gak mau angkat tangan, jaman sekarang gitu loh..!! hehehe...

Dia berkata lagi ;

"Saya akan memberikan ini SGD S$ 50,- kepada salah satu dari anda tapi pertama-tama, biarkan saya melakukan hal ini." Dia melanjutkan dengan menggumpal2kan uang dolar itu. Yaa.. ampun.. di kruweg2 uangnya...  jadi lecek gitu dehh.., aku bingung apa maksudnya dia begitu, kan sayang yaa... duit gak salah kog di kruweg2 gitu.

Dia kemudian bertanya, "Siapa yang masih menginginkannya?"

Masih banyak juga tangan2 yang diangkat, tapi nggak seperti sebelumnya, aku pun masih pula mengangkat tangan aku, aku pikir..!! kan masih laku lah kalo cuma di kruweg2 gitu, masih bisa dibelanjakan, betul tidak?

"Well...,"dia menjawab ;

"Bagaimana jika saya melakukan ini?"
Dan ia jatuhkan uang itu di lantai dan mulai untuk diinjak2 di lantai dengan sepatunya. Wahh.. tambah parah ini orang, aku pikir gitu papa ini pembicara. Kemudian dia memungutnya lagi, sekarang uang itu kusut dan kotor. Dia bilang lagi ;

"Sekarang yang masih menginginkannya?"

Tatap saja masih banyak tangan yang diangkat, namun ada sedikit yang tidak dan tetap masih diatas 70 persen audience mau mengangkat tangannya, aku juga makin ragu2, apa masih bisa laku kalau dibelanjakan. Kan uang itu sudah lecek2, kusut gak karuan dan kotor lagi... ca pe de.. tapi aku tetap mengangkat tangan.

"Saudara saudara, anda semua sekarang belajar dan dapat pelajaran yang sangat berharga. Apapun yang anda lakukan untuk uang. Anda masih menginginkan hal itu karena tidak penurunan nilai uang itu, masih sama SGD S$ 50,-"

Akhirnya si pembicara ternyata mendekatiku dan memberikan uang dolar itu padaku, sambil mengatakan ;

"Jadikan hidup anda tetap bernilai, seperti uang ini..!!", katanya, sambil mengajak aku berdiri dan menerima uang itu.

Seluruh audience berdiri dan memberikan standing applause kepada si pembicara, aku jadi terharu.. nich'!! sampai saat ini uang dolar lecek, kusut dan kotor itu belum aku belanjakan, hehe... takut nggak laku.

Catatan Pelajaran buat kita:
Banyak sekali dalam hidup kita, kita yang jatuh, kusut, dan jatuh ke tanah, ke dalam kotoran oleh keputusan yang kita buat dan keadaan serta kejadian yang datang dengan cara kita.
Kita merasa seolah-olah kita tidak berharga.

"Tapi tak peduli apa yang telah terjadi atau apa yang akan terjadi, Kita tidak akan pernah kehilangan nilai diri kita."
"Kita sangat berharga dan kita adalah orang yang special serta menjadi tetap ber-NILAI bagi banyak orang. Jangan pernah lupa itu..!!"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada Seseorang di sana, ia bisa tersenyum...