Cerita Renungan seorang muslim...

Dia masih ingat dengan peringatan ibunya tentang Shalat dan berdoa tepat waktu: "Anakku, kau tidak harus meninggalkan doa untuk kali ini terlambat". Ibunya yang sudah berusia 60 tahun tapi setiap kali ibu mendengar Adzan, ibunya bangun segera dan melakukan Shalat.

Namun dia, anaknya itu tidak pernah untuk lakukan Shalat sesemangat ibunya untuk bangun dan berdoa. Apapun yang ia akan lakukan, Shalatnya selalu yang terakhir dan dia berdoa dengan cepat untuk bisa tepat waktu.

Saat masih berpikir tentang ini, ia bangun dan menyadari bahwa hanya ada 15 menit tersisa sebelum Shalat Isya. Dia cepat membuat Wudhu dan melakukan Shalat Maghrib. Sementara sedang berdzikir, ia kembali teringat ibunya dan merasa malu dengan bagaimana ia berdoa. Ibunya berdoa dengan ketenangan dan perdamaian.

Dan anaknya, ia mulai membuat berdoa dan bersujud dan tetap posisi bersujud seperti itu untuk beberapa saat. Dia seperti terlelap setelah belajar dan bekerja sepanjang hari dan sangat melelahkan, begitu lelah.

Tiba tiba, dia terbangun mendengar suara kebisingan dan teriakan. Dia berkeringat deras. Dia melihat sekeliling. Itu sangat ramai. Setiap arah ia menatap itu penuh dengan orang-orang. Beberapa orang berdiri kaku memandang sekeliling, ada yang berlari kiri dan kanan dan beberapa berada dilutut mereka dengan kepala mereka ditangan mereka hanya menunggu.

Sangat ketakutan dan kekhawatiran dihatinya sebagai dia menyadari dimana dia berada. Hatinya seperti akan meledak. Itu adalah hari kiamat. Ketika ia masih hidup, ia mendengar banyak hal tentang pertanyaan pada hari kiamat, tapi terasa begitu lama. Mungkinkah ini sesuatu menjadi pikirannya? Tidak, tunggu dan ketakutan itu begitu besar sehingga dia tidak bisa membayangkan ini.

Hari penghakiman itu masih berlangsung. Dia mulai bergerak panik dari orang-orang kepada orang-orang untuk menanyakan apakah namanya sudah dipanggil. Tidak ada yang bisa menjawab. Semua nama mendadak dipanggil dan pemecahan kerumunan menjadi dua dan membuat jalan untuknya.

Dua malaikat meraih lengannya dan menuntunnya ke depan. Dia berjalan dengan ketidaktahuan dan mata terpejam melalui kerumunan. Para malaikat membawanya ke tengah dan meninggalkan dia di sana. Kepalanya membungkuk dan seluruh hidupnya sedang melintas di depan matanya seperti film. Dia membuka mata, tapi hanya melihat dunia lain.

Orang-orang yang lainnya membantu. Dia melihat ayahnya lari dari satu tempat ke tempat yang lain, menghabiskan kekayaannya di jalan Islam. Ibunya mengundang tamu ke rumah mereka dan satu meja sedang ditetapkan sementara yang lain sedang dibersihkan. Dia memohon kasusnya, "Aku juga selalu di jalanMu, aku suka membantu orang lain. Aku menyebarkan firman Allah aku juga lakukan. Aku Shalat, aku berpuasa di bulan Ramadan, Engkau memerintahkan kami untuk melakukannya, aku lakukan. Apapun yang Allah larang untuk tidak dilakukan, aku tidak melakukan." Dia mulai menangis dan berpikir tentang berapa banyak dia mencintai Allah...

Dia tahu bahwa apapun yang telah ia lakukan dalam hidup akan kurang dari apa yang Allah pantas dan satu-satunya pelindung adalah Allah. Dia berkeringat seperti sebelumnya dan gemetar seluruh tubuhnya. Matanya tetap pada timbangan, menunggu keputusan akhir. Akhirnya, keputusan itu dibuat. Dua malaikat dengan lembaran kertas ditangan mereka, berpaling kepada orang banyak. kaki terasa seperti mereka akan runtuh. Dia memejamkan mata karena mereka mulai membaca nama-nama dari orang-orang yang masuk neraka. Namanya dibacakan terlebih dahulu. Dia jatuh berlutut dan berteriak bahwa ini tidak bisa, "Bagaimana mungkin aku pergi ke neraka, aku patuhi semua perintah Allah sepanjang hidupku, aku menyebarkan firman Allah kepada orang lain". Matanya menjadi kabur dan ia gemetar dengan keringat. Kedua malaikat membawanya, Ketika lengan dan kakinya diseret, mereka pergi melalui kerumunan dan maju ke arah api berkobar dari neraka.

Dia berteriak dan bertanya-tanya apakah ada orang yang akan membantunya. Dia berteriak dari semua perbuatan baik yang telah dia lakukan, bagaimana ia membantu ayahnya, puasa nya, doa, Qur'an yang ia baca, ia bertanya apakah tidak ada dari mereka akan membantunya. Para malaikat neraka terus menyeretnya.

Mereka telah semakin dekat ke neraka. Ia menoleh ke belakang dan ini permohonan terakhirnya. Bukankah Rasulullah [melihat] berkata, "Bagaimana akan membersihkan seseorang menjadi siapa mandi di sungai lima kali sehari, demikian juga yang Shalat dilakukan lima kali membersihkan seseorang dari dosa-dosa mereka"?

Dia mulai berteriak, "doa saya doa saya?? Doa saya." Kedua malaikat tidak berhenti, dan mereka menuju ke tepi jurang neraka. Api api itu membakar wajahnya. Dia tampak kembali satu kali terakhir, tapi matanya kering
harapan dan ia tidak ada lagi dalam dirinya.

Salah satu malaikat mendorongnya masuk jurang neraka, terlempar dirinya di udara dan jatuh menuju api. Dia baru saja akan jatuh api neraka, ada tangan mencengkeram lengannya dan menariknya kembali.

Dia mengangkat kepalanya dan melihat seorang lelaki tua dengan janggut putih panjang. Dia menyeka beberapa debu dari dirinya dan bertanya, "Siapakah engkau?" Orang tua itu menjawab, "Aku doa kamu". "Mengapa kau begitu terlambat! Aku hampir masuk dalam neraka kau baru selamatkan! Kau baru angkat aku di menit-menit terakhir sebelum aku jatuh". Orang tua itu tersenyum dan menggelengkan kepalanya, "Kau selalu dilakukan aku pada menit terakhir, apakah kamu lupa?"

Saat itu pula, dia berkedip dan mengangkat kepalanya dari Sajadah. Dia berkeringat. Ia mendengarkan suara-suara yang datang dari luar. Dia mendengar Adzan untuk Shalat Isya. Dia segera bangkit dan pergi untuk melakukan Wudhu.

Semoga cerita pendek ini, dapat bermanfaat buat aku dan juga kamu...
Wa billahi taufik wal hidayah, wa assalammu alaikum wa rohmatullahi wa bararokatuh...

[valentino]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada Seseorang di sana, ia bisa tersenyum...